Menu Close

14 Makanan Yang Mengandung Vitamin C Tinggi Halaman All

Siapa sangka jika kandungan vitamin C yang terdapat di dalam kangkung terbilang tinggi dan mampu mencukupi kebutuhan harian. Selain vitamin C, paprika merah merupakan sumber vitamin A, B, E dan K yang baik dengan potasium, folat, mangan, fosfor hingga magnesium. Sudah bukan rahasia umum jika buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Vitamin C disebut-sebut sebagai bahan yang mampu digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi virus corona. Umumnya asupan vitamin harian dapat diperoleh dari makanan, obat, hingga suntik vitamin C. Vitamin C dalam kembang kol yang disantap saat sahur baik untuk mendukung kesehatan tubuh, mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan serangan bakteri dan kuman penyebab infeksi.

Konsumsi bayam dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata, menjaga tekanan darah, mencegah kanker, dll. Kembang kol adalah sumber vitamin C, vitamin K, folat, asam pantotenat, dan vitamin B6 yang sangat baik. Dalam satu cangkir kembang kol yang setara dengan 124 gram, terdapat 73% asupan harian vitamin C. Kembang kol juga mengandung serat dalam jumlah tinggi yang penting bagi pencernaan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Sayur dan buah juga mengandung serat makanan atau fiber yang penting untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Serat makanan berfungsi untuk membantu kinerja usus dalam menyerap makanan serta membantu menjaga kadar kolesterol di dalam darah.

Macam-macam sayur dan buah yang mengandung vitamin C

Kaempferol di brokoli juga dikenal baik dapat mencegah terjadinya peradangan dan alergi dalam tubuh. Kandungan serat yang cukup tinggi menjadikan sayuran ini banyak digunakan dalam program food regimen. Mengonsumsi Kakek Merah FAFAFA cukup vitamin C sangat penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah perkembangan katarak. Paprika kuning juga merupakan sumber vitamin C yang bisa Moms konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Terlebih kita tinggal di Indonesia yang kaya akan keanekaragaman buah dan sayurnya, negara dengan sumber vitamin C melimpah. Paprika baik itu yang berwarna hijau, kuning, atau merah merupakan sumber vitamin C yang baik. Satu paprika merah berukuran sedang menyediakan 169% asupan harian yang disarankan untuk vitamin C. Vitamin dan mineral lain dalam paprika termasuk vitamin K1, vitamin E, vitamin A, folat, dan kalium. Paprika juga mengandung banyak antioksidan lainnya, termasuk capsanthin, violaxanthin, lutein, quercetin, dan luteolin. Jambu merah atau yang lebih dikenal dengan guava adalah salah satu bahan makanan yang mengandung vitamin C tinggi.

Di dalam buah yang baik untuk penderita diabetes ini tak hanya terkandung zat besi yang mampu mengatasi anemia, namun juga vitamin E yang dapat memenuhi 6% AKG. Baik dalam keadaan segar maupun kering, aprikot cocok dikonsumsi sebagai cemilan berserat tinggi. Dan pastinya buah yang dapat dicampurkan ke dalam salad buah ini juga mengandung vitamin E (7% AKG). Vitamin C yang ditemukan dalam rumput laut sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi dan menjadi antioksidan pencegah kanker. Kandungan vitamin K dalam kubis membantu tubuh untuk mengatur sistem pembekuan darah, mengurangi resiko pembengkakan dan gangguan pendarahan tubuh. Berikut ini adalah makanan yang mengandung sumber vitamin C tinggi dan penting untuk tubuh.

Vitamin C atau asam askorbat penting untuk tubuh karena memiliki manfaat sebagai antioksidan yang bertugas melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Radikal bebas itu berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit serius. TEMPO.CO, Jakarta – Begitu banyak jenis buah dan sayuran di dunia ini, yang tidak hanya berbeda dari segi rasa dan bentuk, tapi juga warna. Banyak orang sering lupa atau bahkan tidak tahu kalau warna pada setiap buah dan sayuran menunjukkan kandungan nutrisi yang berbeda. Peach tak cuma mengandung vitamin E (7% AKG) saja, namun juga senyawa fenolik yang dapat mencegah obesitas. Hal ini dikarenakan buah satu ini dilengkapi dengan anti-radang yang mampu memerangi kadar lemak jahat dalam tubuh.

Setiap 89 gram kubis memenuhi sekitar 85% kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, kubis juga mengandung kalsium, vitamin K, asam folat, potasium, magnesium, vitamin B6, dan nutrisi penting lainnya. Anda dapat hidup sehat dengan makan kubis dan kombinasi sayur sehat lainnya setiap hari.

Konsumsi vitamin C 500 mg sehari dapat meningkatkan kadar glutation tubuh sampai 50 persen. Kandungan vitamin C pada buah stroberi bermanfaat membantu mencegah radikal bebas, mencegah peradangan, serta mengurangi risiko penyakit kanker. Kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menjaga kadar kolesterol Anda, tingkatkan konsumsi makanan hijau seperti avokad, zaitun, kacang hijau, anggur dan lainnya. Sayur dan buah tersebut mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, sayuran yang mengandung vitamin C ini juga memiliki kandungan kolin yang bisa menjaga integritas membran sel, mendukung metabolisme dan mensintesis DNA.

Selain itu, mangga juga memiliki vitamin A yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan mata. Karena kandungan gulanya juga cukup tinggi, sehingga baik sebagai sumber tenaga untuk aktivitas harian kamu. Vitamin C dikenal memiliki banyak manfaat, mulai dari menjaga imunitas, mencegah virus masuk ke dalam tubuh hingga menjaga kesehatan kulit.