Menu Close

Ppkm Degree Four Kembali Diperpanjang Presiden Jokowi Hingga 9 Agustus 2021

PPKM Mikro merupakan kebijakan lanjutan untuk membatasi mobilitas masyarakat di tengah pandemi guna menekan laju penularan virus corona. PPKM Mikro diberlakukan di sejumlah daerah dengan tingkat risiko tinggi di Jawa-Bali. Selain itu, warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit.

Menurutnya, perpanjangan PPKM ini dilakukan dengan melihat tren kasus konfirmasi positif harian yang mengalami perbaikan sejak PPKM level four yang diberlakukan pada 26 Juli sampai 2 Agustus 2021. Berdasarkan information dari Satgas COVID-19 terdapat lonjakan mobilitas masyarakat di lokasi wisata sebesar 38,forty two persen pada saat libur Lebaran 2021 (12-15 Mei) dibandingkan tanggal 5 hingga 8 Mei. Sedangkan jika dibandingkan pada weekend tanggal 7 dan eight Mei dengan 14 dan 15 Mei saat momentum Idul Fitri, terdapat lonjakan mobilitas wisatawan sebanyak 100,eight persen. Jakarta – Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro periode tahap delapan pada 18 Mei hingga 31 Mei 2021. Pertimbangan aspek kesehatan juga dihitung secara cermat bersamaan dengan aspek ekonomi. Jokowi menyebutkan bahwa pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat juga menjadi prioritas pemerintah.

Sebab, dia mengatakan pendistribusian vaksin ke daerah-daerah sedikit terlambat. Jakarta, IDN Times – Perpanjangan PPKM darurat atau degree 4 akan berakhir Beli Free Spin hari ini. Anggota Komisi IX DPR fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay menilai pemerintah sebaiknya kembali memperpanjang PPKM karena kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi.

PPKM kembali diperpanjang

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021. “Berlaku di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jawa dan Bali dan mulai berlaku mulai 26 Juli hingga 8 Agustus 2021,” tegas Mikron. Menurut Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung sekaligus Kepala BPBD Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa, PPKM ini akan diberlakukan merata di seluruh wilayah di Indonesia, tidak hanya di Jawa-Bali. Karena itulah, pemerintah mengeluarkan kebijaan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat .

Ia meyakini penerapan protokol kesehatan dinilai masih menjadi cara yang efektif dalam menekan penularan Covid-19. Meskipun PPKM level 4 kembali diperpanjang, namun Jokowi memberikan sejumlah penyesuaian. Penurunan tersebut merupakan imbas puncak penjualan eceran pada Ramadan yang lantas melambat pada Mei dan terus menurun pada Juni.

Dihubungi terpisah, Direktur Riset Center of Reform on Economics Indonesia, Piter Abdullah pun sependapat. Dia mengatakan, jika melihat arah kebijakan pemerintah yang mengutamakan penanggulangan pandemi, maka PPKM belum akan berakhir. Sementara Ketua Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Badung Slamet Suranto memahami kesulitan pemerintah dalam menangani pandemi ini. Namun, kondisi pekerja khususnya pekerja pariwisata, sudah sangat memprihatinkan saat ini. Kalaupun memang di dalam usaha itu, harus diperhatikan kapasitasnya atau isi 50 persen, juga agar dibarengi dengan prokes 6M. ”Kalau tidak seperti itu tentu ekonomi tidak akan bergerak, karena multiplier impact nya sangat luar biasa.